Jelang Pemilu 2024, Pemkab Bogor Kukuhkan 120 Anggota Panwaslu Kecamatan Sekabupaten Bogor

vonisinvestigasi.co.id | Cibinong – Meskipun Pemilihan Umum (Pemilu) akan berlangsung pada 2024 mendatang, namun Pemerintah Kabupaten Bogor fokus mempersiapkannya demi menciptakan kesuksesan pesta demokrasi di Kabupaten Bogor. Salah satunya melalui pelantikan dan pengambilan/ sumpah janji anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Bogor pada Pemilu 2024 mendatang, yang diselenggarakan di Ruang Serbaguna I Setda Kabupaten Bogor, Jumat (28/10/22).

Untuk diketahui, bahwa tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 sudah resmi dimulai pada 14 Juni 2022.

Sementara untuk pemungutan suara Pemilu serentak untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024.

Sedangkan Pemilihan serentak untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota serta Bupati dan Wakil Bupati, akan diselenggarakan 27 November 2024.

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan menjelaskan bahwa Panwaslu Kecamatan mengemban tugas mulia sekaligus memikul tanggung jawab yang cukup berat untuk mengawal pelaksanaan pemilu 2024 yang berkualitas dan berintegritas, karena Kabupaten Bogor merupakan lokus penyelenggaraan Pemilu/pemilihan kolosal terbesar se- Indonesia, dengan 15.000 TPS yang tersebar di 40 kecamatan, 416 desa dan 19 kelurahan serta potensi pemilih sebesar 4.113.274 orang pada 2024 nanti.

“Untuk itu, momentum tahapan pemilu harus disikapi dengan kesiapan semua elemen yang terlibat. Saya minta kepada seluruh Panwaslu Kecamatan yang dilantik, sumpah dan janji itu dipegang teguh, dan kami pemerintah siap untuk bekerjasama dan mendukung apapun yang memang sesuai laporan Bawaslu dan Panwascam,” katanya.

Dirinya juga siap berkolaborasi, berkoordinasi dan komunikasi, jangan sungkan tidak boleh ada keragu-raguan karena kami sudah berkomitmen kabupaten dan kecamatan harus mendukung apapun kebijakan dari Bawaslu Kabupaten Bogor ataupun Panwascam di Kabupaten Bogor.

“Mari kita bersama-sama sukseskan Pemilu Serentak tahun 2024, bersama rakyat awasi Pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu,” terang Plt. Bupati Bogor.

Selanjutnya, Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor, Irfan Firmansyah menuturkan, sebelum dikukuhkan, pihaknya telah menyelesaikan tahapan seleksi calon anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bogor, yang berlangsung dari 21 September hingga 26 Oktober 2022.

“Selama satu bulan kita lakukan proses seleksi, kita sama-sama berproses untuk menyukseskan Pemilu 2024. Dari 702 pendaftar hanya 120 orang yang lulus seleksi administrasi, tes CAT dan berhasil dikukuhkan menjadi anggota Panwas Kecamatan Pemilu tahun 2024,” kata Irfan.

Irfan menyatakan, terima kasih kepada Plt. Bupati Bogor dan jajaran Pemerintah Kabupaten yang senantiasa memberikan dukungan dan fasilitasi kepada Bawaslu Kabupaten Bogor. Ia juga mengucapkan selamat kepada para Panwascam yang telah dikukuhkan.

“Panwaslu Kecamatan adalah kepanjangan tangan dari Pengawas Pemilu, sehingga harapan kami kawan-kawan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bogor bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, menjalankan tugas dengan benar sesuai dengan aturan perundang-undangan, menjalankan tugas dengan profesional, dan tentu menjaga integritas kita sebagai penyelenggara Pemilu,” imbuhnya.

Turut hadir, Sekda Kabupaten Bogor, Aspemkesra, Kepala Bakesbangpol, Perwakilan Kodim 0621, Perwakilan Kejari, Perwakilan Polres Bogor, , Ketua KPU, Perwakilan Kantor Kemenag Kabupaten Bogor, Komisioner Bawaslu, dan Perwakilan Kecamatan.
(Agus.p)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *